Contoh Kalkulasi Integrasi Numerik

Pada tulisan ini, akan ditampilkan contoh pembuatan program kalkulasi integrasi numerik untuk 1o titik data pada Microsoft Visual Basic. Evaluasi program akan dilakukan dengan membandingkan hasil perhitungan program terhadap salah satu permasalahan yang terdapat pada halaman 148 referensi [1].

Metode integrasi numerik yang digunakan pada program ini adalah kombinasi antara moetode Trapezoidal dan Simpson. Dikarenakan program yang dibuat adalah program yang berfungsi untuk integrasi numerik 10 titik data, dimana Metode Simpson memerlukan kumpulan data yang ganjil, maka untuk perhitungan integrasi dua data awal, digunakan metode trapezoidal dengan integrasi data – data selanjutnya dilakukan dengan menggunakan metode Simpson. Sebagian besar data diintegrasikan dengan menggunakan metode Simpson dikarenakan metode Simpson menurut referensi lebih akurat dikarenakan integrasinya yang berdasarkan pendekatan fungsi kuadrat untuk tiap tiga set data pada kumpulan data yang ingin diintegralkan. Mengenai kajian yang lebih mendetail mengenai integrasi numerik, pembaca dapat melihatnya pada referensi [1] dan tidak akan dibahas di sini. Singkatnya, berikut persamaan integrasi numerik, masing – masing, untuk metode Trapezoidal dan metode Simpson.

Persamaan Integrasi Trapezoidal

Persamaan integrasi Simpson

Dapat diperhatikan pada gambar 1, algoritma yang disusun pada Microsoft Visual Basic. Sedangkan gambar 2 adalah bentuk program pada saat dijalankan dengan perhitungan yang dilakukan adalah kalkulasi untuk mengevaluasi program yang dibuat berdasarkan contoh soal 8.3 halaman 148 pada referensi [1].

Gambar 1. Algoritma program pada Microsoft Visual Basic

Gambar 2. Evaluasi Program

Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, program yang telah dibuat dapat digunakan untuk integrasi numerik 10 set data dengan metode integrasi yang digunakan adalah kombinasi metode integrasi Trapezoidal dan Simpson.

Referensi:

[1] V. Rajaraman. Computer Oriented Numerical Methods 3th Edition. Prentice – Hall of Indoa. 1996

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: