Kalkulasi Eliminasi Gauss pada Microsoft Visual Basic

Pada kesempatan kali ini, menanggapi tulisan sebelumnya mengenai Algoritma solusi persamaan aljabar simultan dengan metode eliminasi Gauss,

saya ingin menyampaikan kalkulasinya dengan menggunakan microsoft visual basic. Berikut bentuk persamaan aljabar simultan yang ingin diselesaikan.

 

Perlu saya sampaikan terlebih dahulu bahwa bahasa pemrogaman yang saya susun pada microsoft vb, yang akan saya tunjukkan, adalah bahasa pemrogaman yang hanya dapat menyelesaikan tiga persamaan aljabar simultan dengan tiga variabel terikat. Dengan kata lain, bahasa pemrogaman yang saya susun belum merupakan bahasa pemrogaman yang umum, sederhana, dan dapat menyelesaikan m persamaan aljabar dengan n variabel yang terikat. Tapi, sebagai sebuah proses pembelajaran, saya akan mencoba untuk menampilkan bahasa pemrogaman yang mudah terlebih dahulu.

Berikut tampilan bahasa pemrogaman dalam micosoft vb yang disusun untuk menyelesaikan persamaan aljabar simultan dengan bentuk seperti pada gambar di atas.

 

 

 

Seperti yang sudah saya sampaikan pada post – post sebelumnya, bahwa command di bawah “cmdclear_click” dan “Cmdtutup_click” adalah, masing – masing, untuk mereset ulang textbox – textbox dan untuk menutup aplikasi. Jadi, yang kiranya perlu untuk diperhatikan lebih lanjut adalah command di bawah “Cmdhitung_click” yang merupakan command utama untuk kalkulasi persamaan.

Pertama – tama, perlu untuk inisiasi dimensi  variabel a, u, dan x sebagai variant dan i dan j sebagai karakter yang nanti dapat didefinisikan rentangnya (As Long). Kemudian, definisikan ulang lagi dimensi variabel (Redim) a dan x sebagai suatu variant yang terikat dengan rentang i dan j. Setelah itu, kalkulasi dapat dilanjutkan sesuai dengan algoritma pada post saya sebelumnya (Algoritma solusi persamaan aljabar simultan dengan metode eliminasi Gauss,)

Yang perlu untuk saya sadari di sini adalah, kalkulasi x(1), x(2), dan x(3) yang merupakan variabel terikat yang ingin dicari, tidak menggunakan algoritma metode “back substitution” seperti yang saya jelaskan pada post saya sebelumnya. (Algoritma solusi persamaan aljabar simultan dengan metode eliminasi Gauss,). Hal ini dikarenakan keterbatasan pemahaman saya  saat ini. Jadi perhitungan solusi persamaan aljabar simultan pada post saya kali ini, memang tetap menggunakan metode “back substitution”, namun pemrogaman yang saya susun adalah pemrogaman yang tidak efisien dan tidak ekonomis. Karena jika diinginkan untuk menyelesaikan persamaan aljabar simultan yang lebih banyak lagi, dengan variabel terikatnya yang lebih banyak lagi tentunya, akan diperlukan untuk menulis ulang setiap perhitungan variabel terikatnya. Hal ini tidak akan demikian jika pemrogaman disusun dengan menginisiasikan kalkulasi berdasarkan inisiasi variabel i dan j. Jadi, dengan tersusunnya suatu pemrogaman “back subtitution” untuk kalkulasi variabel terikat yang merujuk kepada interval i dan j, yang tentunya dapat ditetapkan sepanjang apapun, maka penulisan pemrogaman untuk setiap perhitungan variabel terikatnya (seperti yang saya tunjukkan saat ini) tidak akan diperlukan.

Berikut gambar program saat dijalankan.

 

Sekian kiranya yang dapat saya sampaikan pada post kali ini. Semoga bermanfaat.

Wassalam.

  1. nah, ini untuk yang mtriks 3 x3 ya? yang ini lumayan mengerti.. terima kasih.,,.

    • Arandityo Narutomo
    • Maret 29th, 2012

    Ekiminasi gauss memang sangat berguna, terutama untuk menyelesaikan persamaan linear yang cukup banyak..sangat membantu..

    salam,

    arandityonarutomo.blogspot.com

  2. Penjelasan yang terurut dan mendetail..
    bisa dijadikan referensi yang bagus neyh..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

