Visualisasi aliran yang dipengaruhi oleh perbedaan temperatur

Pada post kali ini, saya ingin menampilkan visualisasi aliran akibat adanya perbedaan temperatur. Jadi, berdasarkan teori, udara atau elemen apapun yang mempunyai kerapatan yang semakin rendah akan cenderung untuk bergerak ke atas berdasarkan gaya apungnya relatif terhadap kerapatan fluida di sekitarnya.

Dapat diperhatikan pada gambar di bawah ini geometri dari ruang dua dimensi sederhana yang aliran fluida di dalamnya akan disimulasikan.

Dapat diperhatikan pada gambar geometri (Computational Grid) bahwa terdapat dua karakterisasi dinding yang berbeda dengan kode w1 dan w2. Dimana ditetapkan temperatur w2 lebih besar daripada temperatur w1 dengan besaran w2 adalah 315 K dan w1 adalah 273 K, serta percepatan gravitasi dalam arah sumbu y yang sebesar -9.81 m/s^2.. Dapat diperhatikkan pada gambar berikut, visualisasi aliran yang dipengatuhi oleh perbedaan temperatur di atas.

Dapat diperhatikan pada gambar di atas, bahwa karena kenaikan temperatur fluida yang berada di dekat w2, fluida mulai bergerak ke atas. Dan seiring dengan perpindahan kalor yang terjadi antara fluida yang tadinya berdekatan w2 dengan fluida di sekitar, fluida yang temperaturnya tinggi akan memberikan kalornya ke fluida di sekitar yang menyebabkan temperaturnya kembali turun sehingga kerapatannya kembali membesar dan menyebabkan fluida kembali turun. Pada saat fluida berdekatan kembali dengan w2, temperaturnya kembali membesar dan kerapatannya kembali turun, sehingga fluida kembali bergerak ke atas, dan seterusnya seperti itu. Karena hal inilah, vektor kecepatan di atas merepresentasikan visualisasi aliran fluida yang berputar – putar.

Dapat diperhatikan pada gambar di bawah ini distribusi tekanan yang terjadi pada geometri visualisasi aliran.

Dapat diperhatikan bahwa area yang mempunyai temperatur tinggi mempunyai distribusi tekanan yang besar pula sesuai hukum gas ideal. (P = rho. R. T).

Sekian yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat. Wassalam.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: