Visualisasi Aliran Fluida pada Kamar (3 x 5)m

Pada post kali ini, saya ingin mencoba untuk menampilkan visualisasi aliran pada kamar dengan panjang, lebar, dan tinggi, masing – masing, adalah 3 m, 5 m, dan 5 meter. Visualisasi ini, seperti post – post sebelumnya mengenai visualisasi aliran, dibuat dengan menggunakan software CFDSOF. Berikut tampilan geometrinya secara sederhana.

Image

Dapat diperhatikan pada gambar di atas, geometri dari kamar yang akan disimulasikan aliran fluidanya. Bagian terdepan pada gambar di atas adalah sebuah pintu dan jendela dengan dua ventilasi. Sedangkan pada bagian dalamnya, terdapat sebuah lemari buku, meja, dan lemari baju (pada gambar di atas, geometri – geometri padat tidak dimodelkan secara mendetail karena yang ingin disimulasikan adalah aliran fluidanya).

Aliran fluida yang disimulasikan mempunyai sifat – sifat fisik standar dan ideal (densitas konstan, viskositas kecil, dan tekanan operasi atmosfir standar), dengan kecepatan masuknya melalui pintu, ventilasi, dan jendela adalah sebesar 4.5 m/s. Berikut visualisasi vektor alirannya.

Image

Gambar di atas memperlihatkan vektor aliran dari fluida di dalam geometri kamar yang dimodelkan. Dapat diperhatikan bahwa kecepatan masuk fluida melalui pintu, jendela dan ventilasi hampir seragam. Kemudian, fluida mulai membelok pada saat menabrak dinding dan terkompres di daerah tempat meja, lemari buku, dan lemari baju, dengan kemudian masuk ke dalam kamar mandi dan keluar melalui ventilasi yang terdapat di kamar mandi. Dapat diekspektasi dari gambar vektor di atas, bahwa tekanan akan mulai membesar pada saat fluida mulai terkompres di daerah lemari dan mencapai maksimum di daerah kamar mandi (Dapat dilihat pada gambar di bawah visualisasi tekanan statik dan absolute). Dengan demikian, ketidaknyamanan yang paling tinggi dapat dirasakan pada daerah kamar mandi. Mungkin, distribusi tekanan pada kamar mandi tidak akan sebesar ini jika pintu kamar mandi tidak terdapat di sebelah kanan kamar mandi, tapi terletak di depannya atau sejajar dengan pintu kamar bagian depan. Namun, jika demikian, distribusi tekanan yang paling besar akan terdapat pada daerah lemari. Hal yang tidak diinginkan adalah pada saat fluida yang mempunyai humiditas yang tinggi tidak tersirkulasi dengan baik, karena hal ini dapat menyebabkan dinding pada daerah atau zona yang mempunyai sirkulasi yang tidak baik tersebut lembab dan mununjang pertumbuhan lumut serta mengurangi umur dari cat yang digunakan.

Image

Image

Kiranya demikian visualisasi aliran pada geometri kamar sederhana di atas. Komentar dan saran sangat saya harapkan.

Semoga bermanfaat. Wassalam.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: