Kuliah Pertama “Komputasi Teknik” oleh Dr. Ir. Ahmad Indra Siswantara

Pertemuan pertama kuliah “Komputasi Teknik oleh Dr. Ir. Ahmad Indra Siswantara dimulai pada hari Senin, 13 Februari 2012, pukul 13.00 WIB. Pertemuan pertama untuk kuliah ini membicarakan banyak hal mulai dari deskripsi mengenai konteks – konteks apa saja yang akan dibahas pada mata kuliah ini, metode pembelajaran, teknis bagaimana kuliah akan berlangsung ke depannya (seperti pembagian pembelajaran terhadap perminatan masing – masing mahasiswa yang terbagi atas perminatan manufaktur dan konversi energi, serta ruang kuliah, dan lain – lain yang berhubungan dengan hal – hal teknis).

Hal unik yang dibahas pada perkuliahan ini adalah mengenai apa esensi tugas – tugas yang diberikan pada mahasiswa. Disamping mengajarkan kemandirian dalam menuntut ilmu, perihal ini ternyata dapat pula disangkut – pautkan dengan sebuah film lawas yang dimana sang peran utama harus berlatih keras dengan hal – hal sepele terlebih dahulu (membawa air, sit – up, dan lain – lain) sebelum Ia berlatih bela – diri seperti yang Ia inginkan (The Drunken Master/red). Esensi yang dapat dipetik adalah bahwa sebelum sebuah ilmu dapat benar – benar dikuasai serta bermanfaat, sang pelajar harus memerlukan beberapa dasar – dasar ilmu pengetahuan terlebih dahulu. Seperti yang kita sadari bersama, bahwa sesuatu yang kompleks adalah kumpulan dari berbagai macam sesuatu yang sederhana yang tertata sempurna. Untuk menata hal – hal sederhana tersebut agar tertata dengan sempurna, tentunya kita harus dapat mengenal dan menguasai hal – hal sederhana tersebut. Seperti yang disampaikan oleh Dr. Ir. Ahmad Indra Siswantara, bahwa Ilmu adalah merupakan kumpulan dari berbagai pengetahuan – pengetahuan, yang dimana pengetahuan – pengetahuan tersebut tersusun dari berbagai informasi yang berasal dari sebuah atau kumpulan data. Dalam Ilmu teknik, kumpulan data ini dapat diartikan sebagai sebuah kumpulan angka. Dapat dibayangkan, bahwa angka – angka yang hanyalah merupakan kordinasi dari 10 substansi yang berbeda (1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 0) dapat memberikan arti yang begitu banyak dan bermanfaat. Sama juga halnya dengan huruf, kumpulan huruf yang ada 24 jenis (a-z) dapat memberikan banyak arti dan merupakan sebuah alat/tools yang luar biasa hebat untuk kita sebagai manusia. Hal tersebut ada sebagaimana saat ini, adalah karena manusia telah belajar banyak mengenai bagaimana menyusun atau menata hal – hal sederhana, seperti huruf dan angka, seteratur dan sesempurna mungkin.

Sedangkan untuk pembahasan mengenai mata kuliah “Komputasi Teknik”, tidak terlepas dari pembahasan di atas, dapat dijelaskan bahwa Komputasi Teknik adalah sebuah Ilmu yang mengaplikasikan berbagai Ilmu lainnya (Interdisciplinary) yang ilmu – ilmu tersebut adalah Fisika, Engineering (teknik), Komputer, dan Matematika. Oleh karena itu, sekali lagi dapat disadari bahwa sebuah ilmu pengetahuan adalah merupakan kolaborasi antara berbagai ilmu pengetahuan lainnya, baik ilmu pengetahuan yang lebih sederhana atau tidak. Maka, oleh karena itu diharapkan mahasiswa peserta mata kuliah “Komputasi Teknik” memiliki dasar yang kuat terhadap ilmu Fisika, Teknik, Komputer, dan Matematika.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: