Komputasi Teknik 14 Februaru 2012

Pada pertemuan mata kuliah “Komputasi Teknik” 14 Februari 2012 oleh Dr. Ahmad Indra Siswantara”, mahasiswa diperkenalkan oleh pemrogaman dengan menggunakan Microsoft Visual Basic.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa dalam memrogram suatu aplikasi diperlukan pemahaman algoritma dan bahasa pemrogaman yang baik. Dr. Ahmad Indra Siswantara menjelaskan bahwa algoritma adalah pola pikir yang kita miliki. Dalam ilmu eksak atau perhitungan, lebih tepatnya adalah langkah – langkah pola pikir yang digunakan untuk menghitung atau menyelesaikan suatu perhitungan, baik yang sederhana ataupun yang kompleks. Secara umum, dalam menyelesaikan masalah yang kompleks sekalipun, ilmu dasar yang kita perlukan adalah pertambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Hal yang menjadi tantangan utama dalam perhitungan kompleks adalah bagaimana pola pikir kita bekerja dalam menyusun kombinasi langkah – langkah aljabar tersebut secara tepat.

Sedangkan bahasa pemrogaman adalah syntax atau perintah yang kita berikan kepada suatu program agar dapat menyelesaikan suatu permasalahan sesuai dengan algoritma yang sudah kita tetapkan. Jadi, dalam rangka memrogram aplikasi dengan baik, diperlukan kemampuan algoritma dan bahasa pemrogaman yang memadai. Hal ini karena kedua hal tersebut saling berhubungan dan penting dalam pemrograman.

Dalam pertemuan kali ini dilakukan latihan pemrogaman dengan menggunakan Microsoft Visual Basic untuk perhitungan sederhana yaitu mengalikan suatu bilangan dengan bilangan lainnya (a x b). Berikut penjelasannya.

Dalam Microsoft Visual Basic, perlu disiapkan terlebih dahulu Ketiga kotak dialog seperti pada gambar pertama dimana masing – masing kotak dialog adalah userform – frmkali (UserForm), toolbox, dan book1 – frmkali (code). Dimana “frmkali” adalah nama yang diberikan pada Tab Properties, seperti yang terlihat pada gambar kedua di bawah ini.

Pada userform diberikan label dan command button dengan menggunakan toolbox. Dimana label dan command button diberikan nama, masing – masing, “a kali b” dan “tutup”, dengan terlebih dahulu memberikan nama untuk Command Button dan Label pada Tab Properties, masing – masing adalah “cmdtutup” dan “lbl1” yang sesuai dengan langkah sebelumnya yang telah dijelaskan pada pemberian nama untuk userform dan book1 pada tab properties. Selanjutnya, dengan double click pada command button “tutup” atau label “a kali b”, akan muncul book1 – frmkali (code). Book1 – frmkali (code) adalah tempat dimana bahasa pemrogaman ditetapkan yang dapat diperhatikan pada gambar ketiga di bawah ini.

Pada book1 – frmkali (code), terdapat tiga private sub yang masing – masing adalah cmdtutup_Click (), lbl1_Click (), dan  UserForm_Click (). Dimana Private Sub dan _Click ditetapkan dengan menggunakan tab sebelah kiri atas dan sebelah kanan atas. Selanjutnya, pada masing – masing Private Sub, ditetapkan algoritma yang sesuai dengan masing – masing box (label dan Command Button).

Pada pemrogaman kali ini, Command button difungsikan untuk menutup program sehingga bahasa programnya seperti yang terlihat pada gambar ketiga di atas, dengan tulisan yang terdapat ” ‘ ” didepanya adalah hanya sebuah catatan dan tidak ditinjau sebagai bahasa pemrogaman. Terdapat “Unload frmkali” yang adalah merupakan Syntax untuk menutup program dan “set frmkali = nothing” yang digunakan untuk mendisasosiasikan semua variabel dengan object “frmkali”.

Sedangkan Label, difungsikan untuk mengalikan antara bilangan a dan b, dengan terlebih dahulu menetapkan nilai a dan b, seperti yang terlihat pada gambar. Dengan “Dim” adalah syntax yang digunakan untuk menetapkan variabel a dan b. “Open” pada private sub :lbl1_Click ()” adalah syntax yang berfungsi untuk menyimpan file dengan nama “akalib” pada contoh ini, dimana isi file ini adalah output #1 (syntax “For Output As”). Dengan output #1 adalah hasil kali a dan b adalah c (syntax “print #1”).

Sedangkan private sub UserForm_Click () tidak ditetapkan bahasa program apapun.

Setelah langkah pemrogaman selesai, ketik F5 (run program) dan akan muncul kotak dialog seperti pada gambar keempat di bawah ini. Click label “a kali b” –> Command Button “tutup” dan buka file “akalib” yang terletak pada directory default Microsoft Visual Basic (yang untuk latihan ini adalah user –> my document) dengan wordpad, maka akan muncul hasil perhitungan seperti pada gambar kelima di bawah ini.

Demikian kiranya latihan pemrogaman dengan menggunakan Microsoft Visual Basic pada pertemuan kedua Komputasi Teknik 14 Februari 2012 oleh Dr. Ahmad Indra Siswantara. Wassalam.

  1. Penjelasan yang sangat bagus Bung Agung..
    super sekali..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: