Diskritisasi Persamaan Atur dengan Metode Volume Hingga

Beberapa persamaan atur yang digunakan dalam kalkulasi CFD adalah

- Persamaan Massa

- Persamaan Gaya

- Arah x

- Arah y

- Arah z

- Persamaan Energi

- Persamaan Keadaan

Untuk menyelesaikan persamaan – persamaan di atas, metode kalkulus yang ada tidak mencukupi. Oleh karena itu, metode numerik digunakan untuk memecahkan persamaan di atas.

Diskritisasi

Yang dimaksud dengan diskritisasi adalah memecah domain atau daerah perhitungan menjadi beberapa daerah – daerah kecil yang disebut dengan grid, mesh, atau cell. Dengan terlebih dahulu menetapkan nilai pada kondisi batas daerah perhitungan (Boundary Condition), maka nilai kecepatan aliran, tekanan, dan temperatur dapat dihitung pada tiap – tiap mesh/cell/grid yang sudah ditetapkan berdasarkan persamaan – persamaan atur di atas.

General Transport Equation

Persamaan – persamaan atur yang telah disebutkan di atas, dapat direpresentasikan dalam satu bentuk umumnya yang dapat diperhatikan seperti di bawah ini,

dengan,

Suku pertama pada sebelah kiri persamaan umum di atas merepresentasikan kondisi tunak atau tidak dari suatu kondisi tertentu. Jadi, jika kondisi tertentu (misal gaya atau massa) tidak berubah berdasarkan waktu (tunak), maka suku ini bernilai nol.

Sedangkan suku kedua pada sebelah kiri persamaan di atas berhubungan dengan keadaan konveksi dari suatu kondisi atur. Suku pertama pada sebelah kanan pada persamaan di atas adalah hubungan difusi suatu kondisi atur. Dan suku terakhir pada persamaan umum di atas adalah perubahan nilai variabel atur yang dikarenakan oleh sumber terhadap variabel atur yang terdapat di dalam daerah komputasi.

About these ads
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: